Cara membuat makanan anak ayam


Cara membuat makanan anak ayam bagi yang peternak senior bukanlah hal yang sulit. Namun untuk pemula kadang diperlukan referensi untuk meraci pakan anak ayam. Apalagi bagi sobat yang baru pertama kali memelihara anak ayam.

Saat usia anakan diperlukan makanan khusus agar pertumbuhannya tidak terganggu. Bahkan diharapkan dengan pakan yang pas dapat membuat cepat besar. Tentunya sobat harus tahu porsi takaran yang pas.

Akan kami sajikan beberapa tips agar sobat mampu membuat pakan anak ayam secara mandiri. Hal ini perlu dipahami agar dapat irit biaya pakan. Bila sobat memelihara anak ayam dalam jumlah besar, maka sangatlah penting meracik pakan sendiri. Akan tetapi kalau hanya sedikit atau sekedar untuk menyenangkan si buah hati, tinggal beli aja di kios pakan.

Anakan ayam lucu sangat digemari oleh anak-anak, sehingga sering bertanya pada ortunya tentang pakan anak ayam. Supaya tidak bingung menjawabnya, seputarduniaanak.net akan membahasnya. Namun kali ini kami membahas cara membuat makanan anak ayam untuk peternak. Namun berguna juga untuk sekedar piara anak ayam. Yuk simak aja langsung.

Cara Meracik Makanan Anak Ayam

Saat umur 0-1 bulan diperlukan pakan khusu agar tumbuh maksimal. Yakin pakan yang sobat berikan sudah betul? atau masih ragu. Ketika usia baru menetas diperlukan asupan gisi untuk membentuk tulang serta bentuk tubuh agar tumbuh ideal. Kebanyakan para pembudidaya ayam, menggunakan voer tunggal atau 100% hanya voer saja pakannya. Mengapa demikian? yuk simak lagi

Pertanyaan diatas sering diajukan oleh pemula, jawabannya sangatlah simple. Para peternak senior menggunakan voer murni dikarenakan usia 0-1 bulan adalah masa yang rentan. Mereka rentan terhadap cuaca sehingga perlu asupan gizi sempurna.

Para peternak senior juga menganggap bahwa diusia demikian, menjadi tingkat penentu keberhasilan dalam penggemukan. Untuk mengetahui jenis dan porsi dalam pemberian pakan anak ayam berbeda dengan anak bebek, mari simak terus.

Makanan anak ayam usia dibawah 1 bulan

Dikala telur menetas maka secara naluri anak ayam akan mencari makanan. Jenis yang paling sesuai adalah srumble yang memang ditujukan untuk DOC. Voer jenis ini tampilannya lebih halus sehingga mempermudah dalam sistem cerna anak ayam.

Untuk penggunaan voer yang halus sebaiknya dilakukan selama sebulan atau 30 hari. Terkadang ada beberapa anak ayam yang terlihat lemas, ini bisa dideteksi dari suara anak ayam. Maka sebaiknya pisahkan dengan yang lainnya. Biasanya ini disebabkan karena kalah dalam berebut makanan.

Selanjutnya voernya dihaluskan lagi dan berikan ke anak ayam yang sudah dipisah tadi. Biasanya dalam kurun waktu satu hari sudah terlihat aktif lagi.

Ada berbagai macam merk beredar di pasaran, sobat bisa mengunakan jenis voer 511, AD1 atau merk lainnya. Pilih aja yang banyak tersedia di tempat sobat.

Makanan anak ayam 2-3 month

Setelah paha pakan yang tepat untuk usia dibawah sebulan. Maka sobat dapat lanjut memahami makanan anak ayam bangkok usia 2-3 bulan. Biasanya diusia demikian sudah mengalami pergantian bulu, ditandai dengan munculnya bulu rawis.

Maka pemberian pakannya dapat sobat racik sendiri untuk mengurangi biaya pakan. Sobat dapat mixkan ADII dengan dedak, jagung giling ,dan lainnya.

Untuk takarannya dapat sobat racik sendiri, namun agar lebih mudah dapat sobat gunakan takaran sebagai berikut. Gunakan ADII sebanyak 3Kg , dedak 5Kg dan jagung giling 2 Kg. Ini adalah takaran untuk penggunaan 10 Kg. Bila sobat ingin racik 20kg, silahkan sobat kalikan aja.

Dengan takaran diatas, menurut beberapa peternak bisa irit biaya dan pertumbuhannya jadi maksimal. Sekedar informasi jagung giling bisa diganti dengan tepung jagung, namun perhatikan aja mana yang lebih murah.

Penutup

Dianjurkan dalam pemberian pakan sebaiknya dicampur dengan air. Penggunaan pakan basah dipercaya dapat mempercepat pertumbuhannya. Untuk melengkapi pengetahuan selanjutnya dapat sobat baca cara mempercepat pertumbuhan ayam umur 4 bulan

Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url