jamu agar ayam cepat gemuk

 Jamu agar ayam cepat gemuk akan sangat menguntungkan peternak. Khususnya untuk para peternak ayam pedaging. Penggunaan vitamin ataupun jamu ayam dapat digunakan untuk menggemukan ayam.

Keadaan ayam yang kurus akan sangat berpengaruh terhadap harga jualnya. Dengan harga jual yang turun akan mempengaruhi pendapatan peternak. Bisa-bisa jadi bangkrut karena banyaknya ayam yang nyilet atau kurus.

Pada artikel saat ini akan membahas bagaimana cara menggemukan ayam dengan jamu? Untuk mengetahui caranya sangatlah mudah, mari simak terus.

Bahan jamu agar ayam cepat gemuk

jamu agar ayam cepat gemuk
Pada saat ini anak-anak juga mulai mencintai anakan ayam, khususnya yang diberi warna. Dengan kondisi ayam yang sehat gemuk akan memacu produksi, sehingga anakan ayam dapat menjadi hobi baru bagi anak. Maka kedepannya diharapkan kedepannya dapat mencintai binatang

Bahan sangat mudah didapat dipasaran, yaitu 100 gram kunyit dan 100 gram temulawak serta air sebanyak 1 liter. Sangat mudahkan untuk mendapatkan bahan tersebut? selain berlimpah di pasaran, juga murah harganya.

Hal yang pertama dipahami adalah bahan kunyit dan temulawaknya dalam bentuk serbuk dan kering. Cara untuk mengeringkannya adalah dengan mengupas lalu jemur dibawah terik matahari. Biasanya diperlukan waktu tiga hari penjemuran.

Apabila bahan sudah kering, selanjutnya blender sampai halus. Apabila anda merasa kesulitan dalam proses pengeringan. Sekarang sudah banyak dijual kunyit dan temulawak di pasaran.

Menurut saya sebaiknya beli aja yang sudah jadi serbuk, akan lebih efisien. Setelah anda memperoleh kunyit dan temulawak dalam bentuk serbuk. Mari kita simak cara pembuatan jamu agar ayam cepat gemuk.

Manfaat kunyit dan temulawak untuk ayam

Alangkah lebih bagus bila kita mengetahui manfaat kunyit dan temulawak sebelum membuat jamu. Manfaatnya adalah:

1. Dapat meningkatkan kerja organ dalam sistem pencernaar ayam. Cara kerjanya adalah dengan merangsang dinding kantong empedu mengeluarkan cairan empedu. Selain itu akan merangsang getah pangkreas yang mengandung amilase, protease dan lipase. Gunanya adalah meningkatkan pencernaan terhadap pakan yang mengandung karbohidrat, lemak dan protein.

2. Bahan tersebut dapat menjadi anti biotik bagi ayam, sehingga lebih tahan terhapap penyakit. Dengan pemberian teratur akan membentuk antibody yang kuat.

3. Membuat ayam lebih bergairah sehingga dijauhkan dari lesu dan lemas. Untuk ayam yang murung, lesu bisa diberikan kunyit temulawak langsung tapi dipotong kecil-kecil agar mudah ditelan. Cara ini hanya berlaku bagi ayam dewasa.

4. Dapat meningkatkan nafsu makan ayam. Penyebab utama ayam nyilet adalah karena nafsu makannya berkurang. Maka dengan pemberian jamu agar ayam cepat gemuk sangat dianjurkan. Masih banyak manfaatnya namun pembahasan kali ini tentang cara mengatasi ayam agar cepat gemuk, tidak nyilet.

Cara pembuatan jamu agar ayam cepat gemuk

Setelah mengetahui beberapa manfaat kunyit dan temulawak untuk ayam. Mari kita simak bagaimana cara pembuatan jamunya.

baca juga : jamu ayam aduan kuat nafas

Caranya adalah panaskan air 1000ml ke dala panci. Bila air sudah mendidih, kecilkan nyala apinya. Selanjutya masukan kunyit dan temulawak ke dalam panci di atas kompor.

Aduk terus secara perlahan agar tidak menggumpal nantinya. Aduklah selama 3 menit, kemudian matikan apinya. Dan biarkan ramuan tersebut sampai dingin. Maka sudah siap jamu untuk menggemukan ayam anda.

Cara pemberian jamu agar ayam cepat gemuk

Cara pengaplikasiannya sangatlah mudah. Campurkan 100ml ramuan tersebut dengan air sebanyak 400 ml. Dengan mencampur air maka akan mudah dimakan ayam.

Siapkan dedak atau bekatul sebanyak 5 Kg, lalu siramkan ramuan tersebut. Aduk dengan tangan sampai tercampur rata dengan sempurna.

Berikan pakan tersebut terhadap ayam anda setiap pagi, maka ayam anda akan lahap makan. Pemberiannya setiap pagi saja, hal ini untuk meningkatkan nafsu makan di sesi berikutnya.

Gunakan cara ini selama satu minggu maka akan terjadi perubahan yang sangat drastis. Ayam anda akan jadi gemuk dan sehat.

Tips ini hanya berlaku untuk ayam pedaging ya sobat. Untuk ayam bangkok atau ayam petarung jangan menggunakan ramuan tersebut diatas. Lebih baik gunakan jamu ayam aduan yang berbahan lengkap yang banyak beredar di pasaran. Menurut bahan yang tercantum di kemasan, merk "Mbah Wiryo" yang aman digunakan.

Untuk mengetahui seputar tentang ayam bangkok silahkan kunjungi omhoby.


No Comment
Add Comment
comment url